Bang ron's blog | Tips dan Trik Blogging | Hacking Trik | Berita Terbaru

Blog berbagi tulisan dan tip dan trik, berbagi download software gratis, info berita terbaru dan keilmuan

.::::::::::::""WHA - WEBHOSTINGANDA.COM""::::::::::::.

Wednesday, September 1, 2010

Tips mudik aman dan nyaman dengan kendaraan pribadi


Beberapa dari kita lebih memilih mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi daripada naik kendaraan umum. Secara perhitungan matematis, naik kendaraan pribadi memang lebih fleksibel dan murah. Kita bebas mengatur waktu dan tidak terikat. Bila ada suatu keperluan di tengah jalan, kita juga bisa mampir, tanpa perlu khawatir akan ditinggal.
Namun demikian, bukan berarti kita bisa seenaknya sendiri atau merasa aman bila mudik dengan menggunakan mobil, karena tak jarang perampokan di kala lebaran juga sering terjadi di tempat sepi dengan korban si pengendara mobil. Tak hanya perampokan, kecelakaan mobil juga kerap kali terjadi pada saat lebaran karena kurangnya hati-hati. Oleh sebab itu sebelum mudik, diperlukan berbagai macam persiapan agar mudik yang diharapkan bisa berjalan dengan mulus dan bebas hambatan.

Dan berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan bila mudik menggunakan kendaraan pribadi:
  1. Pastikan kondisi kendaraan dalam kondisi bagus. Tentu saja karena obyek utama kita adalah kendaraan pribadi, maka sebelum berangkat kita harus memastikan bahwa kendaraan kita dalam keadaan baik dan sehat. Untuk lebih yakin, kita bisa mengecek kendaraan kita tersebut ke bengkel yang terpercaya. Jangan lupa juga untuk selalu sedia ban tambahan sebagai persiapan bila terjadi sesuatu.
  2. Rencanakan jalur yang akan dilewati, jangan hanya satu jalur tapi ada jalur alternative, terutama di tempat-tempat yang rawan kemacetan. Tentunya kita tak mungkin pergi tanpa tujuan yang jelas. Bila tempat tujuan kita dekat, mungkin hal ini bisa diabaikan. Namun bila tempat tujuan jauh dan bahkan mungkin harus kita lalui selama berhari-hari, maka sebaiknya kita menentukan rute yang tepat untuk perjalanan kita nanti. Sebaiknya rute yang dipersiapkan juga tidak hanya satu, karena bila jalur yang biasanya ada kendala (macet misalnya) maka bisa memakai jalur yang lain. Untuk itu, sopir wajib menguasai jalur yang akan dilewati.
  3. Jangan lupa membawa peta. Peta adalah sesuatu yang wajib dibawa pada saat pergi jauh. Tak ada peta artinya tersesat. Keberadaan peta sangat penting untuk mengetahui lokasi-lokasi penting yang kita butuhkan.
  4. Bila jalur yang dilewati rawan, maka sebaiknya menunggu “teman”. Bila kita melewati jalur yang rawan kejahatan, sebaiknya menunggu “teman” atau kendaraan lain yang juga melewati jalur yang sama. Semakin banyak kendaraan yang lewat, maka kemungkinan untuk dijahili oleh perampok akan semakin kecil.
  5. Ketahui lokasi-lokasi penting. Setidak-tidaknya kita harus tahu lokasi-lokasi penting yang bisa kita singgahi, misalnya: pom bensin, mushola, ATM, dan kantor polisi. Bila kita sudah pernah pergi sebelumnya, maka tentunya kondisi ini akan lebih mudah karena kita sudah pernah mengalaminya.
  6. Siapkan dana yang cukup termasuk dana cadangan. Yang paling penting dalam bepergian, baik dengan menggunakan kendaraan pribadi atau tidak tentunya adalah dana atau uang. Siapkan uang yang cukup sebelum bepergian, namun juga jangan terlalu banyak. Intinya secukupnya saja.
  7. Pastikan bensin selalu dalam keadaan cukup dan isi bensin sebelum benar-benar kosong. Jangan pernah mengisi bensin pada saat bensin sudah benar-benar kosong, karena bisa saja pom bensin yang kita estimasi bisa melayani kita, ternyata persediaan bensinnya sudah habis.
  8. Bila mengantuk sebaiknya berhenti sebentar atau beristirahat. Pilihlah tempat yang aman misal: pom bensin yang ramai, pos polisi, dan mungkin bila dana cukup bisa memilih untuk beristirahat di penginapan. Kecelakaan sering terjadi karena pengendara tidak hati-hati dalam mengemudi dan melalaikan hal-hal yang dianggap sepele. Mengantuk adalah salah satu contoh kasus yang bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Oleh sebab itu, bila rute yang akan kita lalui sangat panjang, maka jangan ragu-ragu untuk beristirahat pada saat kita merasa mengantuk dan capek. Namun demikian, sebaiknya kita juga tidak asal mengambil tempat untuk istirahat, karena bisa jadi tempat yang kita pilih tersebut adalah tempat yang angker dan rawan. Sebaiknya kita memilih tempat-tempat yang ramai untuk beristirahat dan mungkin bila dana kita cukup, kita juga bisa beristirahat sejenak di hotel.
  9. Jangan memberi tumpangan pada orang yang tidak dikenal. Bila ada penumpang yang tidak kita kenal ingin menumpang, sebaiknya kita berpikir dua kali untuk mengajaknya, karena bisa jadi orang tersebut berniat jahat. Bila kita pergi bersama keluarga, mereka bisa memberikan pendapatnya, dan kita pun merasa lebih aman karena ada teman. Namun bila kita pergi sendiri, kita harus jeli dan sebaiknya tidak mudah memasukkan orang untuk menumpang di mobil kita yang ingin menumpang.
  10. Bila ingin turun dari mobil, sebaiknya kita kunci stir mobil kita. Bila kita ingin turun dari mobil, sebaiknya mobil kita kunci stir agar lebih aman. Zaman sekarang ini, penjahat sudah semakin canggih. Oleh sebab itu kitapun harus waspada di manapun kita berada.
  11. Berdoa terlebih dahulu sebelum berangkat. Hal ini adalah suatu yang mutlak harus kita lakukan sebelum mudik.
Beberapa tips di atas mungkin bisa kita lakukan pada saat mudik dengan menggunakan mobil pribadi. Agar mudik bisa seindah khayalan kita, maka kitapun harus mempersiapkannya dengan baik.

Baca Artikel lain yang berkaitan dengan ini



Widget by Hoctro | Jack Book

No comments:

Post a Comment